Minggu, 16 Februari 2014

Me: Pengalaman UAN dan SNMPTN

Whooaa...Akhirnya saya punya blog, walaupun masih pemula InsyaAllah akan lebih baik lagi kedepannya.Oke, kali ini saya akan membahas tentang pengalaman saya tahun 2012 lalu.Saat saya mendekati UAN 2012, banyak hal yang harus dipersiapkan. Selain persiapan otak dan fiansial ternyata butuh persiapan batin tuh.. 

Saya menyadari kalau saya terlahir dengan otak pas-pasan, nggak rajin juga nggak cerdas.
Tapi saya adalah orang yang "berusaha". (*formal banget) :D

Kelas 3 SMA dan sedang menjalani semester akhir adalah masa-masa yang sulit (belajar, les sana-sini, tambahan waktu sekolah, duit abis buat fotokopi ini itu, tiap hari tas tuh udah mau copot gara-gara bawa buku yang tebel-tebel). Nah tuh gua banget deh.. Saat-saat gini tuh bener-bener nguras tenaga dan pikiran.

Kurang lebih 3 bulanan SMAku kerja sama bareng lembaga pembelajaran non formal (les-biru) buat ngebantu ngadepin UAN. Tiap hari belajar melulu, hari minggupun dibuat les tersendiri yang tetap berlokasi disekolah. Musim-musim gini tuh pasti masjid sekolah bakal full abis, sering ngadain acara keagamaan, iya kan??? hahaha... beruntung sekolahku tuh anaknya emang pada rajin-rajin *plakkk.. :P tapi bener lhoo..
Okay, jujur ya hari pertama UAN tuh nggak bikin aku gugup atau deg-deg'an rasanya seperti try out seperti biasanya di sekolah and lembaga pembelajaran non formal yang sering kita kerjakan tuh soal-soalnya. Jadi 4 hari menjelang UAN rasanya seperti ujian biasa cuma sistimnya beda. Makanya tuh harus bener-bener dimanfaatin waktu dan fasilitas yang diberikan sekolah. Selama nilai UAN belum di umumkan aku juga mempersiapkan mental lagi nih buat ujian yang sesungguhnya.
Kontrak kerja sama lembaga pembelajaran non formal cuma sebates UAN aja nggak sampai SNMPTN. Akhirnya mau nggak mau atau butuh nggak buth sih banyak yang ikutan les sana and sini. Tapi ada juga yang nggak dan memanfaatkan temannya sebagai tentor, edisi paling hemat tuh! :)

Karena aku sedikit nggak cocok ya dengan lembaga pembelajaran non formal yang **** itu akhirnya dengan sedikit biaya yang lebih mahal aku les di empat lain yang katanya sih lulusannya tuh sukses-sukses, pembelajarannya menyenangkan dengan tentor-tentor yang asik. Tiap hari aku PP buat kesana, sekitar 1 jam perjalanan naik bus maklum aku tinggal di desa yang terlalu nyaman buatku. :D Setiap minggu di lembaga itu try out melulu, bukunya tebel-tebel, and lumayan sih di sela-sela belajar kita dibuat istirahat sejenak dengan diputerin lagu. Hehehe... Di pertengahan bulan itu nilai UAN udah keluar, dengan bangga walaupun nggak bagus aku benar-benar senang ternyata nilainya nggak terlalu jelek. Ngerjain sendiri tuh akan jadi satu nilai kepuasan tersendiri atas hasil usaha kamu walaupun itu masih belum maksimal.
Pendaftaran SNMPTN dibuka, sebenarnya aku iri sih sama temen-temenku sendiri yang banyak keterima dengan jalur undangan (jalur nilai rapot semester awal-akhir SMA). Mereka udah duduk-duduk manis dan nggak mikirin SNMPTN, itu juga keuntungan mereka memiliki niali rapot yang bagu dan "keberuntungan".

Di masa pendaftaran SNMPTN hal yang paling buat bingung tuh milih jurusan. Pas itu pengennya masuk jurusan Bahasa Korea di UGM atau UI tapi gradenya tinggi banget dan waktu itu aku juga nggak di bolehi masuk Sastra Korea, well keinginanku yang kedua tuh DKV atau jurusan seni-seni yang lain tapi adanya di malang. Sebenernya sih aku nggak suka berada di malang gara-gara aku nggak ada saudara disana. Aku lebih prefer banget kuliah di Surabaya dan emang saudaraku di Surabaya banyak. :D Malang tuh tempatnya anak-anak Surabaya refreshing karena tiap hari di Surabaya cuma bisa lihat mall, mall dan mall.. hahahaha. Oke stop, kembali ke SNMPTN. Karena galau nih pengen jurusan apa dan berfikir jangan sampai masuk D3 soalnya selain umur yang bakal tambah tua, diploma gimana gitu yah sedikit ngerendahin sih, akhirnya aku agak minat dengan Ilmu komunikasi dan HI di Universitas Airlangga. Well inilah hasilnya 




Fakta dari kesalahan yang aku buat sendiri.

  1. Aku cuma fokus pada 1 universitas aja, nggak coba sama sekali di universitas lain.
  2. Emang aku milih jurusan dengan grade tinggi, banyak yang minat dan nggak sesuai dengn kemampuan.
  3. Terlalu percaya diri "keterima" padahal udah belajar serius banget, inget saingannya tuh sejagad orangIndonesia.
  4. Terlalu percaya sama yang bayar-bayar mahal gitu. Hampir tergiur buat masuk cara instan. untung aja nggak.
Ujian SNMPTN pilih Ilkom dan HI di UNAIR (nggak keterima)
Ujian Mandiri I di Unair dengan jurusan yang sama (nggak keterima)
Ujian Mandiri II di Unair pilih Sastra Inggris dan Psikologi (nggak keterima)

Ahhh... rasanya tuh gondok banget!! Pas itu aku mikir, temenku yang ngak les aja bisa keterima kenapa aku nggak? semua udah seneng-seneng pada keterima di univ impian mereka, cuma aku aja yang belum dapat dan aku putuskan untuk memisahkan diri sementara sampai aku dapet univ. Rasanya tuh pasrah kalau terakhir ini nggak keterima aku bakal ke Pare buat belajar bahasa inggris setahun baru ikut SNMPTN tahun depannya. Rasa pasrah, males dan nggak mood udah menghantuiku. Pada ujian terakhir jalan satu-satunya itu aku benar-benar nggak belajar sama sekali, rasanya tuh udah nyerah dan biasa dengan soal-soal ujian itu. Dan nggak nyangka banget pilihan terakhir ini aku keterima D3 Bahasa Inggris di Universitas Airlangga. Wahh rasanya tuh suuueeneeng banget deh dengan perjuangan selama ini akhirnya aku kuliah dan di Unair, yahh kenapa aku jadi Unair lover sih.

Dari pengalaman berbulan-bulan itu aku dapet pelajaran banyak
  1. Aku terlalu sombong dan telalu percaya diri buat keterima dan aku pikir aku juga kurang berusaha.
  2. Aku tahu kalau sedang di uji kesabaranku sama Allah.
  3. Aku terlalu menghina diploma, dan akhirnya aku masuk diploma dan diploma nggak seburuk apa yang dipikiranku dan dipikirkan orang-orang lain.
  4. Aku menikmati kuliahku saat ini disini sebagai mahasiswa diploma.
  5. Aku semakin dekat sama yang Maha Kuasa :)
Banyak hal yang bisa kamu lakukan kok dengan sama impianmu pokoknya ada usaha+doa juga restu orang tua.. itu penting banget. tips ya buat kamu yang galau gara-gara SNMPTN
  • Nggak perlu deh les sana dan sini di lembaga mahal sekalipun kalau ujung-ujungnya kamu nggak niat dan ngentengin. Asal niat dan usaha pasti bisa.
  • Pilih jurusan yang kamu sukai dan orang tua kamu setuju.
  • Jangan sekali-sekali deh kayak aku, hanya fokus dan tergila-gila dengan 1 universitas aja. Kamu harus ikut ujian di universitas lain juga.
  • Kalau bisa kamu niat dari awal kamu masuk SMA dan bagusin tuh nilai rapor kamu dari awal sampai akhir semester supaya bisa ikut Jalur Undangan tanpa tes. Kan lumayan tuh kamu cuma duduk manis aja. 
  • Hindari deh nyari-nyari di website jurusan-jurusan yang dicari oleh perusahaan. Intinya kamu suka dan kamu niatin aja pasti bakal sukses.. banyak kok yang kuliah dijurusan ini tapi kerjanya nggak sesuai dengan jurusannya pas kuliah.
  • Kuliah itu dimana aja nggak harus ngotot-ngotot disini dan disitu Nggak jamin juga kok sama masa depanmu. Kan kamu yang ngejalanin bukan universitasnya.
Udah sih gitu aja yaa.. maaf ya kalu ada kesalah kata-kata atau mungkin menyinggung. Ini cuma kenyataan di masa lalu.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar