BAB I
A.
Ilustrasi Pada era globalisasi ini, konsumerisme kuliner masyarakat Indonesia semakin tinggi. Membuat dan menjalankan sebuah kafe adalah bisnis yang sangat menguntungkan antara konsumen dan produsen, untuk itu kami memiliki inisiatif membuat sebuah kafe yang nyaman dan disukai banyak orang. “La Café” adalah nama yang kami pilih untuk membuat kafe yang sederhana tapi berkesan luar biasa, walaupun nama “La Café” sangat identik dengan bahasa Spanyol bukan berarti “La Café” menjual makanan atau minuman khas Spanyol, justru sebaliknya. Saya menyusun konsep “La Café” ini secara apik dan bermutu agar orang penasaran dan selalu ingin kembali ke “La Café” ini.
Perbedaan kafe ini dari kafe lainnya adalah dari segi arsitektur dan menu yang ditawarkan. Dari segi arsitekur, kafe ini di buat senyaman dan di desain se-apik mungkin untuk membuat para pelanggan terkesan. Desain yang sederhana tapi penuh artistik. Menu yang ditawarkan di “La Café” sendiri adalah macam kue dan beberapa makanan berat asli khas Indonesia tetapi akan dimodifikasi dengan rasa unik dengan cita rasa yang tinggi yang akan memanjakan lidah para konsumen, Disajikan dengan bahan-bahan yang berkualitas dan di tata secara menawan sehingga terkesan seperti makanan mewah di restoran, tidak perlu mengkhawatirkan soal harga. Menu yang ditawarkan sangat pas diperut dan dikantong pelanggan.
“La Café” sangat cocok untuk para remaja hingga yang berumur karena selain harganya bersahabat, fasilitasnya juga memadai karena tersedia Wi-fi gratis untuk pelanggan dan stock contact di beberapa bawah meja. Bisnis kafe ini sangat menjanjikan karena selain tempatnya strategis, “La Café” ini berada dipusat kota dekat toko-toko dan restoran-restoran. Dengan begitu saya tidak khawatir akan berkurangnya pelanggan atau bertambahnya pesaing. Dengan ide kreasi kami yang begitu ingin mempersembahkan yang terbaik untuk konsumen dan tentunya konsumen dapat menerima “La Café” sebagai tempat favorit mereka. Tempat ini dulunya ruko pada akhirnya kami sulap menjadi kafe indoor dan outdoor. Kafe indoor di lantai bawah, sedangkan lantai atas dibuat outdoor, jadi selain menikmati hidangan juga bisa menikmati pemandangan disekitar.
Disini kami akan bekerja scepat mungkin agar para konsumen tidak menunggu lama, begitu juga dengan saya. Saya sebagai pemilik sekaligus manejer akan turun tangan untuk bekerjasama dengan karyawan lain dan melihat perkembangan usaha “La Café” ini setiap harinya. Dengan begitu saya dapat mengerti apa kelebihan dan kekurangan dari kafe ini dan mencoba untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit.
B. Segmen pasar
Dalam proses pemasaran kami akan mempromosikan
secara luas untuk menarik para konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu “La
Café” ini akan menjadi kafe yang beda dengan yang lainnya. Sementara itu ada
marketing 4P, yaitu:
1. Product
Kualitas
bahan makanan yang kami buat berkualitas tinggi dan selalu menjaga kbersihan
dari bahan makanan tersebut. Menu yang kami tawarkan adalah makanan ringan ala
Indonesia dan di modifikasi dengan rasa modern saat ini. Tentu saja rasanya
akan unik dan menggugah selera para konsumen.
2. Price
Harga yang kami tawarkan bervariasi dan
cukup untuk kantong para remaja mulai dari Rp. 6.000 sampai dengan Rp. 20.000
saja. Harga tersebut sepadan dengan layanan, tempat dan fasilitas yang kami
tawarkan.
3. Place
“La Café” bertempat strategis karena berada
ditengah kota dan dapat dijangkau oleh
masyarakat dan desain kafe yang unik dan nyaman terinspirasi dari beberapa kafe
yang berada di Korea selatan.
4. Promotion
Dengan kemajuan teknologi saat ini yang
berkembang di Indonesia, banyak cara yang akan dilakukan untuk mempromosikan
“La Café” ini. Beberapa contoh seperti mengiklankan di beberapa jejaring
sosial. Menyebarkan brosur ke beberapa tempat seperti di universitas atau mall.
Tiga hari pembukaan pertama
“La Café” kami akan membuat pertunjukan
sederhana seperti 2 karyawan kami akan memakai kostum panda dan kelinci dan 1
orang karyawan akan mempromosikan “La Café” ini. Dengan begitu orang-orang
sekitar akan tertarik melihatnya dan mencoba masuk ke “La Café”.
C. Jenis usaha
Berikut menu yang kami tawarkan kepada
konsumen:
SNACK:
·
Summer Telo (dibuat dari tela
madu dan deberi rasa yang bervariasi)
·
Putu Honhab (putu dengan isian yang bervariasi dengan
warna yang berbeda)
·
Ketan Regenbogen (ketan warna
warni dengan rasa yang unik)
·
Autumn Latok (Latok dengan saus
yougurt kental dan rasa yang lain)
·
Mochikfun (mochi pelangi dengan
isian yang bervariasi)
·
Lumpia gres (lumpia dengan isian dan bumbu berbeda)
·
Njamur mur (jamur goreng dengan
varian bumbu dan saus)
·
Heichi (terbuat dari tepung
dengan isian sayur dan daging)
·
Husi (tahu isi yang berisi
bermacam-macam sayur,daging,mie dan sosis)
·
Suscres (terbuat dari usus ayam
yang digoreng dan deberi variasi bumbu)
FOOD:
·
Sushi Pecel
·
Sushi Gudek
·
Rolado Ramyeon (daging panggang
dibalut dengan mie)
COFFEE:
·
Kopi Svart (kopi hitam khas
nusantara)
·
Expresso
·
Cappuchinno
·
Latte
·
Kopi melk (kopi susu krim)
DRINKS:
·
Ppang Ice Cream (ice cream dengan roti)
·
Ice Mikkusu (es campur dengan varian rasa)
·
Cha Lait (teh susu)
·
Ice Lemon
·
Tea real
·
Sun White (es rumput laut plus cendol)
D. tujuan
1. Mendapat keuntungan dari penjualan makanan
dan yang lainnya.
2. Melestarikan jajanan asli Indonesia dan
memodifikasinya dengan rasa modern.
3. Menciptakan kreasi yang berbeda dari kafe
lainnya.
4. Memberikan pelayanan yang berbeda dan
menciptakan suasana yang menyenangkan.
5. Meningkatkan daya tarik produk makanan dan
minuman “La Café”.
6. Menggunakan sajian yang unik dengan rasa
fantastis.
BAB II
A. perencanaan keuangan
Biaya pembangunan “La Café” Rp. 130.800.000,- dengan rincian berikut:
1. Modal awal Rp.
130.800.000
2. Biaya Investasi
-
Sewa lahan per tahun Rp. 60.000.000
-
Renovasi Rp. 20.000.000
-
Kursi, meja, fasilitas lainnya Rp. 30.000.000
-
Wifi Rp. 800.000
-
Peralatan dapur dan lainnya Rp. 20.000.000
Sub Total Rp.
130.800.000
3. Biaya Operasional
-
Gaji menejer Rp. 2.500.000
-
Gaji 3 baker per bulan @ Rp. 1.500.000 Rp. 4.500.000
-
Gaji 2 pramusaji per bulan @ Rp. 1.300.000 Rp. 2.600.000
-
Gaji 1 kasir per bulan @ Rp. 1.200.000 Rp. 1.200.000
-
Membayar listrik,air dan telepon per bulan Rp. 200.000
-
Membayar wifi per bulan Rp. 500.000
-
Membeli bahan pokok makanan Rp. 4.000.000
-
Biaya promosi Rp. 600.000
-
Biaya tak terduga Rp. 200.000
Sub Total Rp. 16.300.000
Total
modal yang diperlukan Rp. 130.800.000
4. Pendapatan
No.
|
Jenis produk
|
Target penjualan / porsi / hari
|
Target penjualan / bulan
|
1.
|
Snack:
a. Summer Telo
b. Putu Honhab
c. Ketan Regenbogen
d. Autumn Latok
e. Mochikfun
f. Lumpia gres
g. Njamur mur
h. Heichi
i.
Husi
j.
Suscres
|
5
10
10
5
12
5
7
7
7
5
|
150
300
300
150
360
150
210
210
210
150
|
2.
|
Food:
a. Sushi Pecel
b. Sushi Gudek
c. Rolado Ramyeon
|
10
10
10
|
300
300
300
|
3.
|
COFFEE:
a. Kopi Svart
b. Expresso
c. Cappuchinno
d. Latte
e. Kopi melk
|
5
10
10
10
5
|
150
300
300
300
150
|
4.
|
DRINKS:
a. Ppang Ice Cream
b. Ice Mikkusu
c. Cha Lait
d. Ice Lemon
e. Tea real
f. Sun White
|
7
5
5
7
5
7
|
210
150
150
210
150
210
|
No.
|
Jenis produk
|
Biaya produksi / porsi
|
Harga jual / porsi
|
Pendapatan / porsi
|
Pendapatan / bulan
|
1.
|
Snack:
a. Summer Telo
b. Putu Honhab
c. Ketan Regenbogen
d. Autumn Latok
e. Mochikfun
f. Lumpia gres
g. Njamur mur
h. Heichi
i.
Husi
j.
Suscres
|
Rp.
5.000
5.000
3.000
4.000
15.000
5.000
4.000
5.000
4.000
4.500
|
Rp.
9.000
9.000
6.000
8.000
20.000
8.000
8.000
9.000
8.000
7.000
|
Rp.
4.000
4.500
3.000
4.000
5.000
3.000
4.000
4.000
4.000
3.500
|
Rp.
600.000
1.350.000
900.000
600.000
I.800.000
450.000
840.000
840.000
840.000
525.000
|
2.
|
Food:
a. Sushi Pecel
b. Sushi Gudek
c. Rolado Ramyeon
|
10.000
12.000
15.000
|
14.000
16.000
19.000
|
4.000
4.000
4.000
|
1.200.000
1.200.000
1.200.000
|
3.
|
COFFEE:
a. Kopi Svart
b. Expresso
c. Cappuchinno
d. Latte
e. Kopi melk
|
8.000
12.000
13.000
12.000
12.000
|
13.000
18.000
17.000
16.000
15.000
|
5.000
6.000
4.000
4.000
3.000
|
750.000
1.800.000
1.200.000
1.200.000
450.000
|
4.
|
DRINKS:
a. Ppang Ice Cream
b. Ice Mikkusu
c. Cha Lait
d. Ice Lemon
e. Tea real
f. Sun White
|
15.000
12.000
9.000
10.000
9.000
10.000
|
20.000
16.000
14.000
17.000
12.000
17.000
|
5.000
4.000
5.000
7.000
3.000
7.000
|
1.050.000
600.000
750.000
1.470.000
450.000
1.470.000
|
Total
|
23.535.000
|
Pendapatan per bulan Rp. 23.535.000
Biaya operasional per bulan Rp. 16.300.000
Laba bersih bulan pertama Rp. 7.235.000
Perkiraan laba selama 2 bulan
|
||
Bulan 1
|
Bulan 2
|
|
Pendapatan per bulan
|
Rp. 23.535.000
|
Rp 23.535.000
|
Biaya operasional per bulan
|
Rp. 16.300.000
|
Rp. 16.300.000
|
Laba bersih
|
Rp. 7.235.000
|
Rp. 7.235.000
|
Dalam waktu 18 bulan dalam keuntungan
tersebut bisa membalikkan modal awal yang telah kita keluarkan.
KKUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
BalasHapushttp://bit.ly/1XP9gnh